Program Studi Ilmu Komunikasi dan Magister Ilmu Komunikasi (MIKOM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) melaksanakan Workshop Kurikulum, di Ruang Rapat Moeljadi Djodjomartono, Selasa (16/07/2024).
Baca juga : Prodi Ilkom UMJ Terima Kunjungan Fikom UMRI, Bahas Kerja Sama Pengembangan Kurikulum
Workshop ini dilakukan untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja. Oleh karenanya mahasiswa dan alumni berperan dalam memberikan masukan terkait kemampuan sumber daya manusia yang dibutuhkan industri.
Kurikulum yang saat ini digunakan merupakan kurikulum yang dirumuskan dan ditetapkan pada empat tahun lalu. Maka dari itu Ketua Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si., melibatkan mahasiswa dan alumni.
Mereka mendapat kuesioner untuk memberikan masukan terkait mata kuliah yang mendukung dan tidak relevan di bidang kerja. Hasil kuesioner kemudian digunakan sebagai bahan diskusi dalam focus group discussion yang dilakukan pada Jumat (12/07/2024).
Prodi Ilkom FISIP UMJ menghadirkan ketua Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia. Janoe Arijanto, praktisi multinational advertising agency. “Kami dapat insight luar biasa, terutama tentang digital platform yang saat ini tidak bisa terlepas dari dunia industri komunikasi baik public relations, advertising, maupun broadcasting,” ungkapnya.