42 Siswa SMK Muhammadiyah Somagede Kunjungi FAI UMJ

42 Siswa SMK Muhammadiyah Somagede Kunjungi FAI UMJ

FAI UMJ – Rabu, (03/08/2022), kemarin, sebanyak 42 siswa Program Keahlian Perbankan Syariah SMK Muhammadiyah Somagede melakukan kunjungan industri ke Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ). Turut serta dalam rombongan Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Somagede Akhmad Rosidi, S.E., Kepala Program Perbankan Syariah Kurniati, S.E., PCM dan Majlis Tarjih Somagede Bambang Sumiharjo serta dewan guru dan staf. Rombongan disambut oleh Dekan FAI UMJ Dr. Sopa, Wakil Dekan II FAI UMJ Dra. Romlah, M.Pd., Wakil Dekan III Nurhadi, M.A., Kaprodi Perbankan Syariah FAI UMJ Dina Febriani, S.E., M.M.

Dalam sambutannya, dekan FAI UMJ menyampaikan bahwa sesama keluarga Muhammadiyah harus saling bersinergi. “Tidak boleh sukses sendiri, harus bersama-sama. Jangan sampai ketika kita leading di depan lalu lupa dengan yang di belakang,” pesannya. Ia juga berpesan agar pertemuan ini bisa ditindaklanjuti dengan nota kesepahaman (MoU). Dengan sinergi, lanjut dekan, agar adanya hambatan atau kekurangan tidak dilihat sebagai penghalang tapi sebagai tangga. Terakhir, dekan berharap pertemuan ini dapat memberikan inspirasi bagi keduabelah pihak.

Sementara itu Ahmad Rosidi mengatakan bahwa kunjungan ini selain sebagai silaturahmi juga sebuah program kunjungan industri. Rosidi, dalam kesempatan tersebut, memperkenalkan profil SMK Muhammadiyah Somagede yang ia pimpin. Katanya, SMK Muhammadiyah Somagede berdiri pada tahun 2004 dan yang termuda di Banyumas. “Awalnya hanya satu program yaitu pemasaran. kemudian 2010 buka program keahlian kedua yaitu perbankan syariah. 2016 buka teknik dan bisnis sepeda motor dan tahun ini teknik jaringan komputer dan telekomunikasi,” jelasnya. Mulanya, pada awal pembukaan siswa sekolah ini hanya sejumlah 43 siswa. Namun, saat ini jumlah siswa meningkat drastis menjadi 878 siswa.

Meski tergolong masih baru, SMK Muhammadiyah Somagede pernah meraih juara 1 pada Olimpiade Nasional Ekonomi Islam di Yogyakarta. “Tahun ini banyak yang diterima di PTN. Semoga dengan kunjungan ini banyak siswa Kami yang tertarik untuk studi di UMJ,” katanya.

Di akhir sambutannya, Rosidi menghaturkan ucapan terima kasih pada pimpinan FAI UMJ atas kesediaan menerima rombongan SMK Muhammadiyah Somagede. “Mudah-mudahan menambah pengetahuan dan manfaat untuk Kami,” pungkasnya.

Romlah, dalam kesempatan yang sama, berharap agar kunjungan ini dapat menambah kuat hubungan sesama Muhammadiyah. “Kalau bisa ditindaklanjuti sampai MoU. Mudah-mudahan adik-adik mendapatkan sesuatu ketika kembali ke sekolah. Kami berharap adik-adik menjadi keluarga besar UMJ,” ucapnya lagi.

Selain itu, Dina Febriani sebagai Kaprodi Perbankan Syariah FAI UMJ memperkenalkan prodi Perbankan Syariah FAI UMJ, prospek dan data tracer study para alumni. “Prodi Perbankan Syariah berdiri pada 2009. Artinya sudah berjalan selama 13 tahun. Dari tracer study yang dilakukan 70 persen terserap di dunia kerja, 20 persen jadi pebisnis dan 10 persen jadi peneliti bidang keuangan, perbankan dan lainnya,” jelasnya. “Kami bekerjasama dengan bank syariah untuk dijadikan tempat magang mahasiswa kami. masa depan dari perbankan syariah masih sangat panjang,” tambahnya. (AM/ FAI UMJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published.