153 Mahasiswa FAI UMJ Ikuti Pembekalan PPL 2022/2023

153 Mahasiswa FAI UMJ Ikuti Pembekalan PPL 2022/2023

FAI UMJ – Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program pemagangan di sekolah bagi mahasiswa program sarjana pendidikan dengan tujuan memperkuat jati diri calon pendidik dan membentuk kesiapan sebagai calon pendidik.

Sebanyak 153 mahasiswa FAI UMJ yang terdiri dari 18 mahasiswa PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) dan 132 mahasiswa PAI (Pendidikan Guru Agama) mengikuti Pembekalan Program Pengalaman Lapangan (PPL) dengan tema “Guru Hebat di Era Society” di Aula FEB UMJ lantai 4 pada Senin (10/10/2022) kemarin dengan narasumber pakar pendidikan Prof. Dr. Agus Suradika dan praktisi pendidikan Abdul Ghafur, S.Pd.

153 mahasiswa tersebut akan dibagi menjadi 21 kelompok dan menjalankan PPL di 18 lokasi dan 10 lokasi mandiri dimana 5 lokasi merupakan madrasah aliyah negeri yang akan dimulai pada 10 Oktober 2022. Sebagian lokasi PPL sudah melakukan MoU (Memorandum of Understanding) bahkan MoA (Memorandum of Agreement) dengan FAI UMJ.

Pada pembukaan pembekalan PPL, Ketua Pelaksana Dr. Diah Mutiara menyatakan bahwa PPL merupakan kegiatan menerapkan teori-teori yang diperoleh di kampus. Ia juga mengingatkan kepada seluruh peserta PPL agar menjaga perilaku dan nama baik, “karena akan mencerminkan kita dan almamater kita,” jelasnya.

Wakil Dekan I FAI UMJ Busahdiar, M.A., memberikan motivasi kepada seluruh peserta PPL untuk sebisa mungkin menjadi guru hebat di masa sekarang dan masa yang akan datang. Adapun SLTA sebagai tujuan prioritas lokasi PPL, menurut Busahdiar, juga bertujuan promosi. Ia juga berharap agar dari tempat PPL akan mendatangkan mahasiswa/i bagi FAI UMJ khususnya atau bagi UMJ secara umum.

Usai Pembekalan PPL, panitia PPL melakukan pertemuan secara hybrid (daring dan luring) dengan sekitar 30-an lebih guru dan dosen. (AM/ FAI UMJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published.