Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi (Prodi Ilkom) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ), Sofia Hasna,S.I.Kom.,M.A membahas pentingnya kolaborasi Public Relations (PR) dengan influencer sebagai kepanjangan tangan untuk mempromosikan komunikasi brand. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring pada Kamis (09/01/25).
Baca juga : UMJ dan INHA University Korea Selatan Gelar Global Leaders Program 2025
Pada kesempatan ini Sofia menyampaikan tentang mendefinisikan kembali konsep public relations dan peran influencer dalam menyampaikan brand di era digital.
“Sebelum membahas peran influencer, Public Relations memiliki peran dalam mengkomunikasikan brand melalui strategi komunikasi pemasaran yang terintegrasi. Beberapa hal peran yang dapat dilakukan oleh PR adalah media relations, mengkreasikan konten dan memperkuat pesan melalui storytelling,” jelas Sofia.
Public Relations juga memiliki peran dalam strategi memperkuat pesan untuk membuat percakapan dengan target market. “Penting membuat kedekatan dengan target market melalui narasi pesan yang disampaikan, sisi lain brand harus memberikan bentuk pengalaman, emosi dan cerita yang melekat bagi target market yang dituju melalui aktivitas PR Campaign,” tambahnya.