Kemajuan teknologi tidak selalu menjadi kunci utama dalam meningkatkan kualitas pemasaran atau marketing. Guru Besar dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (FEB UMJ) Bidang Manajemen Pemasaran Prof. Dr. Liza Nora menekankan manusia sebagai elemen penting dalam marketing.
Baca juga : Guru Besar FT UMJ Hasilkan Pemetaan dan Jalur Jelajah Cagar Budaya
Hal itu ia sampaikan saat orasi ilmiah dalam Pengukuhan Guru Besar di Auditorium dr. Syafri Guricci Gedung FKK UMJ, Rabu (20/11/2024).
Pemasaran digital melalui plartform online dan market place adalah salah satu bentuk evolusi pemasaran dan meningkatkan pemahaman dari strategi pemasaran tradisional ke yang lebih modern.
Dunia pemasaran mengenal istilah marketing 1.0 product centric era, marketing 2.0 customer oriented, marketing 3.0 human centric, marketing 4.0 moving to digital new customer experience (CE), dan marketing 5.0 (marketing in digital world new customer experience (CE) and new tech.
Marketing 4.0 dan marketing 5.0 sangat mengandalkan teknologi dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih efisien dan dipersonalisasi. Pendekatan yang digunakan oleh kedua strategi pemasaran ini mengandalkan teknologi seperti artificial intelligence.