FAI UMJ Sukses Selenggarakan PKKMB 2022 dan MASTA IMM 2022

PKKMB FAI UMJ 2022

FAI UMJ Sukses Selenggarakan PKKMB 2022 dan MASTA IMM 2022

FAI UMJ – Kamis (15/09/2022) kemarin, Fakultas Agama Islam UMJ sukses menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2022 dengan tema Journey to The Future. Sebelumnya, selama 2 (dua) tahun PKKMB diselenggarakan secara online karena pandemic Covid-19.

Atas suksesnya kegiatan ini, Ketua Panitia PKKMB FAI UMJ 2022 Usman Alfarisi menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan pimpinan fakultas serta kerja tim panitia dan lembaga kemahasiswaan.

Di hadapan lebih dari 200 peserta PKKMB FAI UMJ 2022 Dekan FAI UMJ Dr. Sopa meyakinkan mahasiswa baru (MABA) bahwa pilihan MABA untuk bergabung dengan FAI UMJ adalah pilihan tepat. “Kami akan semaksimal mungkin mengantarkan Anda menuju cita-cita Anda,” katanya.

Hal ini, menurut dekan, dibuktikan dengan alumni FAI UMJ yang tersebar di banyak tempat; baik di institusi negara maupun swasta. “Salah satunya Fikri Haikal, anak Zainuddin MZ,” tambahnya.

Meski demikian dekan mengingatkan agar aktif di organisasi kemahasiswaan atau kemasyarakatan saat menjadi mahasiswa. “Janganlah puas menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang – kuliah pulang, red.),” pesannya. Terlebih lulusan sekarang dihadapkan pada kompetisi sangat ketat. “Anda harus punya keunggulan kompetitif,” pesannya lagi.

Saat ini, sebagaimana disampaikan dekan, Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi prodi dengan peminat tertinggi. Prodi PAI juga prodi pertama yang ada di FAI UMJ.

Dr. Suhasiwi, dalam momen yang sama, menyampaikan hal serupa. Ia mengarisbawahi pentingnya riset dan menulis. Katanya: “Anda akan dilibatkan dalam riset-riset kecil, menulis dan menerbitkan. Ini akan mengasah kemampuan analisis Anda sehingga akan dengan mudah menyelesaikan tugas-tugas kuliah.” Bagi Suharsiwi aktif di lembaga kemahasiswaan dan kemampuan menulis akan menjadi nilai lebih seorang mahasiswa. “Nilai (Indeks Prestasi, red.) tidak akan banyak berguna di dunia kerja,” tegasnya.

PKKMB FAI UMJ 2022 kali ini dimeriahkan dengan pertunjukan Tari Ratoeh Jaroeh dan musik oleh Lembaga Semi Otonom (LSO) yang terdiri dari LSO LS Tera’ Senja, penampilan gymnastic dan akrobatik oleh LSO LO Jump Roll Sport, serta penampilan drama Timur Tengah oleh LSO FORSA (Forum Belajar Bahasa Arab).

Adapun mahasiswa baru yang yang telah melakukan registrasi di FAI UMJ adalah sebanyak 282 mahasiswa dengan rincian: Program Studi (prodi) Pendidikan Agama Islam 131 mahasiswa,  Hukum Keluarga Islam (HKI) 21 orang, Komunikasi dan Penyiaran Islam 49 orang, Manajemen Zakat Wakaf 19 orang, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 13 orang, Manajemen Perbankan Syariah 21 orang, Studi Islam S2 13 orang, dan Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam sebanyak 15 orang.

Ketua Umum HMP PAI Yuda Oktaviansyah berharap PKKMB mendatang dapat dilakukan secara luring demi terbangunnya chemistry antara mahasiswa baru dengan kakak angkatannya.

Ketum Komisariat UMJ Izhar Tawakal, saat memberikan pengarahan pada gelaran Masa Taaruf (MASTA) IMM pada Jumat (16/09/2022) ini, mengatakan agar apapun aktivitas yang kita lakukan kita harus bertanggung jawab untuk menyelesaikan studi. “Ketika teman-teman mulai aktif sebagai mahasiswa, satu hal dasar dan sederhana yang selalu saya terapkan adalah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi,” pesannya kepada para mahasiswa baru FAI UMJ. (AM/ FAI UMJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published.