Dekan FAI UMJ: FAI Harus Berkembang dan Maju

FAI UMJ

Dekan FAI UMJ: FAI Harus Berkembang dan Maju

FAI UMJ – Sebagai PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah), tugas dan kewajiban UMJ menjalankan catur dharma perguruan tinggi tidak dapat diabaikan. Adapun muatan dari catur dharma ini antara lain: Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian kepada Masyarakat.

Penelitian merupakan satu dharma penting bagi segenap civitas akademika perguruan tinggi. Lebih dari itu, hasil penelitian harus dipublikasikan.

“Dengan adanya peraturan baru, maka dosen tidak hanya mengajar tapi juga mempublis Karya ilmiah,” ucap Dekan FAI UMJ Dr. Sopa saat memberikan arahan pada kegiatan Persamaan Persepsi Dosen Pembimbing Praktikum Penelitian FAI UMJ yang diselenggarakan di ruang sidang FAI UMJ, Selasa (24/05/2022).

Dekan melanjutkan bahwa kewajiban khusus itu mau tidak mau harus dilaksanakan. Luaran dari praktikum ini adalah proposal skripsi sehingga mempercepat kelulusan tepat waktu (KTW).

Dekan juga mengingatkan kembali pentingnya karya ilmiah penelitian. Untuk itu, katanya, perlu peningkatan penelitian bersama antara mahasiswa dan dosen. Di sisi lain, dosen juga perlu aktif menjadi pembicara dalam berbagai kesempatan. “Di borang, produktivitas dosen menentukan. Tolong diskusi dosen dihidupkan dan ditingkatkan,” pesannya.

Praktikum ini, lanjut dekan, adalah sebuah upaya untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar terbiasa dengan sitasi dan pencarian referensi. “Kita bimbing supaya mahasiswa bisa mengakses referensi,” tambahnya.

Dekan juga berharap agar para dosen pembimbing turut membantu pada sisi pemikiran, analisis dan juga referensi. “Nanti nama kita bersanding dengan mahasiswa,” katanya lagi. Akhirnya, praktikum, bimbingan dan penelitian ini diharapkan dapat masuk ke dalam jurnal.

Upaya peningkatan penelitian ini ditujukan agar ke depan FAI UMJ bisa lebih berkembang dan maju lagi. Hal ini sebagaimana dinyatakan dekan saat menutup arahannya.

Anis Setianti, Ketua Panitia, mengatakan bahwa FAI UMJ membuat buku pedoman sebagai acuan praktikum penelitian. Ia juga berpesan agar dosen pembimbing sedapat mungkin memberikan keleluasaan dan kemudahan untuk mahasiswa. (AM/FAI UMJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published.